TRANING MEP (MENEBAR ENERGY POSITIF)


PROPOSAL

TRAINING NASIONAL

MINDSET PEMBELAJARAN GURU

DI KABUPATEN JOMBANG

 

PENGANTAR

 

Pendidikan memang titik kunci kemajuan bangsa. Tanpa pendidikan yang sistematis, dan berkualitas tidak akan ada masa depan yang baik. Maka, adalah wajar dan sudah seharusnya kalau dalam satu dekade ini anggaran untuk pendidikan meningkat tajam. Baik untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas guru maupun kualitas lembaga pendidikan, serta

pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan.

 

Dan untuk ikut meningkatkan kapasitas dan kapabilitas para pengelola pendidikan, Kepala Sekolah, Guru dan tentu orang tua didik, maka Training MINDSET PEMBELAJARAN ini diadakan. Lewat training nasional ini diharapkan semua pihak yang terlibat dalam skope pendidikan bisa ikut memahami keharusan sebuah kualitas pendidikan.

 

Lewat metode Menebar Energi Positif (MEP), Training ini sudah digelar diberbagai wilayah. Mulai Batam, Tanjung Pinang, Natuna (Propinsi Kepri), Medan (Sumatera Utara), Mataram (NTB), Malang, Surabaya, Jombang (Jawa Timur), Bekasi, Bogor (Jawa Barat), Jakarta Selatan (DKI). Sampai hari ini alumnus MEP sudah mencapai 10.000 guru lebih. Dan mereka merasakan manfaatnya.

 

DASAR HUKUM :

 

Undang-Undang No.20 Tahun 2003

1)    Tentang Sistem Pendidikan Nasional :

Guru adalah pendidikan professional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini, jalur pendidikan  formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

 

2)    Pendidikan dan tenaga kependidikan berkewajiban

  1. Menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis dan dialogis.
  2. Mempunyai komitmen secara professional untuk meningkatkan mutu pendidikan dan
  3. Memberi teladan dan menjaga nama baik lembaga, profesi, dan kedudukan sesuai dengan kepercayaan yang diberikan kepadanya

 

PP No. 74 Tahun 2008 Tentang Guru

 

Pasal 2 : Kompetensi dan Sertifikasi

Guru wajib memiliki Kualifikasi  Akademik, kompetensi, sertifikasi pendidikan, sehat Jasmani dan Rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Pasal 3: Kompetensi

Kompetensi sebagaimana dimaksud dalam pasal 2 merupakan seperangkat pengetahuan, ketrampilan dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dikuasai dan diaktualisasikan oleh guru dalam melaksanakan tugas keprofesionalan.

 

Pasal 3: Ayat 7

Kompetensi profesional sebagaimana dimaksud pada ayat (2) merupakan kemampuan guru dalam menguasai bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan atau seni dan budaya yang dimampunya yang sekurang kurangnya meliputi penguasaan

  1. Materi pelajaran secara luas dan mendalam sesuai dengan standar isi program satuan pendidikan, mata pelajaran dan atau kelompok yang akan dimampu dan
  2. Konsep dan metode disiplin keilmuan, teknologi dan atau seni yang relevan yang secara konsepsual menaungi atau koheren dengan program satuan pendidikan, mata pelajaran, dan / atau kelompok mata pelajaran yang akan di tempu.

 

Pasal 48:

(1) Pengembangan dan peningkatan kompetensi Guru sebagaimana dimaksud dalam pasal 47 ayat (4) dilakukan melalui sistem pembinaan dan pengembangan keprofesionalan Guru berkelanjutan yang dikaitkan dengan perolehan angka kredit jabatan fungsional.

(2) Kegiatan untuk memperoleh angka kredit jabatan fungsional sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) diperoleh Guru sekurang-kurangnya melalui:

  1. Kegiatan kolektif guru yang meningkatkan kompetensi dan/atau keprofesionalan Guru
  2. Pendidikan dan pelatihan
  3. Pemagangan
  4. Publikasi ilmiah atas hasil penelitian atau gagasan inovatif
  5. Karya inovatif
  6. Presentasi pada forum ilmiah
  7. Publikasi buku teks pelajaran yang lolos penilaian oleh Badan Standar Nasional Pendidikan
  8. Publikasi buku pengayaan
  9. Publikasi buku pedoman guru
  10. Publikasi pengalaman lapangan pada pendidikan khusus dan / atau pendidikan khusus dan / atau
  11. Penghargaan atas prestasi atau dedikasi sebagai guru yang diberikan oleh Pemerintah atau Pemerintah daerah

 

Pasal 63: Sanksi

Guru yang tidak dapat memenuhi Kualifikasi Akademik, kompetensi, dan Sertifikasi Pendidik sebagaimana dimaksud dalam pasal 2, dalam jangka waktu 10 (sepuluh) tahun sebagaimana yang ditentukan dalam pasal 82 ayat (2) Undang undang No, 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dozen setelah yang bersangkutan diberi kesempatan untuk memenuhinya, kehilangan hak untuk mendapatkan tunjangan fungsional atau subsidi tunjangan fungsional, dan maslahat tambahan.

 

 

 

DASAR PEMIKIRAN

 

Zaman guru berbeda dengan zaman muridnya. Di zaman sekarang bukan mustahil murid punya kelebihan disisi teknologi informasi dibanding gurunya. Namun guru punya kekuatan, pemahaman dan kematangan dibanding murid dalam melihat sesuatu. “Perkawinan” dua kelebihan tersebut dapat menjadi sebuah keindahan.

 

Sayang kadang ada guru yang tidak mau mengubah diri. Merasa benar sendiri, merasa paling bisa. Meskipun masih lebih banyak yang masih mau belajar, semangat memahami keadaan zaman. Untuk itulah, sebuah Training untuk memicu potensi guru, akan kita adakan untuk menjawab tantangan itu

 

Apalagi bagi guru yang sudah mendapatkan TPP. Tunjangan itu wajib disisihkan untuk meningatkan kapasitas diri seorang guru. Baik dari personal maupun kematangan dalam mengajar. Karena pemerintah berancang-acang akan menunda bahkan stop dana TPP kalau tidak ada peningkatan kualitas guru (baca lampiran)

 

Untuk itulah, Training Nasional MINDSET PEMBELAJARAN ini bersana lembaga training lain di Indonesia, memberikan jawaban bahwa guru mau dan bisa berubah kualitasnya, asal dengan training yang juga sungguh sungguh dan berkualitas. Bukan hanya 2 atau 3 jam, tapi harus 16 jam.

 

Training akan dihadiri oleh Trainer Nasional, Master Training Menebar Energi Positif: Yusron Aminulloh,  yang telah menulis buku MINDSET PEMBELAJARAN Pedoman Mengajar Guru Modern dan Trainer-Trainer lain dari Jakarta. Dan Trainer Profesional lainnya (Lihat Profil).

 

Waktu dan Tempat

Training Nasional Mindset Pembelajaran akan dilaksanakan besok pada hari dan tanggal yang disepakti bersama antara Diknas Kabupaten Jombang dan MEP Training Center.

 

 

Tujuan dan Target Training Mindset Pembelajaran

 

01. Mengajak para guru menilai dirinya sendiri dengan ragam metode pelatihan. Apakah sudah benar sikap hidupya sebagai guru? Apakah sudah benar metode mengajarnya ?

02.Mengubah Mindset –cara berpikir, bertindak dan berucap—para guru agar lebih baik dari kemarin.

03.“Ngecah” semangat, motivasi guru yang memang jarang ikut pelatihan,Padahal pelatihan adalah wajib bagi guru yang mau berubah menjadi lebih baik. Ibarat HP kalau gak pernah “dicash” akan low, lemah> Demikian juga guru wajib “dicash” semangat dan motivasinya, agar fress kembali.

 

PESERTA

 

Kepala Sekolah dan Guru di Kabupaten Jombang dengan prioritas pertama, adalah guru yang sudah mendapatkan Tunjangan (TPP) sertifikasi. Meski tidak menutup kemungkinan guru umum> Ini karena acara ini dibeayai swadaya murni peserta.

 

PENYELENGGARA ACARA

 

Diknas Kabupaten Jombang bekerjasama dengan Lembaga MEP Training Center Surabaya.

 

Pengalaman Pelatihan MEP dengan Menggunakan Beaya Swadaya Guru dari dana TPP (Sertifikasi) :

 

01. Guru Mataram, NTB                                :   400   Guru

02.Guru Batam, Kepulauan Riau                 : 1200  Guru

03.Guru Kota Batu                                           :   700  Guru

04.Guru Kota Jember                                     : 3500 Guru

05.Guru Lumajang                                          : 1500 Guru

 

 

 

PAKET INVESTASI TRAINING MEP

 

No

PAKET

FASILITAS

MATERI

BIAYA INVESTASI

1

8 Jam

  • Ø Sertifikat
  • Ø Lembar Kerja
  • Ø Notes
  • Ø Bolpoint
  • Ø Handouts

Materi MEP

  • Ø Penyamaan Frekuensi
  • Ø Peta pikiran
  • Ø Memaknai perubahan
  • Ø Makna sebuah kata

@Rp 200.000 per Orang

2

16 Jam

  • Ø Sertifikat
  • Ø Lembar Kerja
  • Ø Notes
  • Ø Bolpoint
  • Ø Handouts Materi MEP
  • Ø Buku MEP
  • Ø Penyamaan Frekuensi
  • Ø Peta pikiran
  • Ø Memaknai perubahan
  • Ø Makna sebuah kata
  • Ø Kreatifitas
  • Ø Public Speaking
  • Ø Virtual Imajinatif
 

@Rp 350.000 per Orang

 

@ Beaya sudah termasuk makan, snack selama 4 kali.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

amalianuraini@ymail.com <amalianuraini@ymail.com>

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: