7 KRETERIA DIJAMIN MASUK SURGA


7 KRETERIA DIJAMIN MASUK SURGA

BERBUAT BAIK
berbuat baik pada siapa pun, kepada keluarga (pastinya..), anak yatim piatu (harus..), dan pada seluruh makhluk ciptaan Allah.
kayaknya ‘berbuat baik’ ini gampang banget yaa…sederhana banget..
sering kan kita mendengar orang bicara, “si A itu baik lho orangnya…”
tapi saya sendiri merasa itu bukan perkara yang mudah (ato emang dasarnya saya bukan orang baik??T__T). karena mungkin apa yang kita anggap sesuatu itu baik, belum tentu Allah menganggap apa yang kita lakukan itu baik juga.
Jadi inget cerita pengemis2 jaman sekarang. Saya pernah baca di koran, bosnya pengemis di Surabaya, punya rumah mewah..mobilnya mewah2…(subhanallah, aku mobil ae gak nduwe..=p) dan itu semua didapat dari uang hasil mengemis anak buahnya. Anak buahnya beroperasi menyebar..dari pasar sampai terminal. Padahal terus terang, saya sering miris liat anak2 jalanan atau pengemis (terutama pengemis yang masih kecil2 dan tua2..miriiis…). Kalo gak dikasih, yo gmana gitu…hassh..serba salah di jaman sekarang ini…


MENYAMBUNG SILATURRAHMI
nah kalo yang ini….mudah banget kaaan… Tinggal bertamu ke rumah sanak sodara, atau tetangga dekatlah paling tidak, kita sudah menyambung tali silaturrahmi. Murah meriah…sangat ringan dilaksanakan..
tapi….hari gini gitu lho!!!! gak perlu mesti capek-capek ke rumah sodara yang jauh di Jakarta, tinggal sms, telepon, chatting, ato yang terbaru..3G-an udah bisa bercakap-cakap…!!!
hahaha…dengan alasan kemajuan teknologi, akhirnya kakek dan cucu tidak pernah bisa berpelukan, paman dan keponakan gak pernah bisa main catur bareng….ironis…


RAJIN BERSEDEKAH
yaaah…kayaknya udah banyak ayat yang menyuruh kita untuk bersedekah…tapi saya gak apal..haha..
sedekah bisa dilakukan kapanpun..dimanapun…dan yang paling terkenal adalah zakat..
apalagi di akhir-akhir bulan puasa nanti, umat Islam yang mampu diwajibkan untuk membayar zakat fitrah..

TIDAK DURHAKA KEPADA KEDUA ORANG TUA
seperti lagunya Dea Ananda waktu aku masih kecil…kalo surga itu ditelapak kaki ibu…(sampai waktu kecil, aku bela-belain ngeliat telapak kaki ibuk buat ngintip seperti apa sih surga itu..==’)..
berarti ibu itu memang orang yang sangat..sangat..sangat dihormati..karena beliaulah yang telah mengandung kita selama 9 bulan 10 hari. Bukan berarti bapak tidak penting.. hanya saja Rasullullah pun bersabda, “ibumu..ibumu..ibumu..lalu ayahmu..”. Bapak juga sangat amat penting.
Bapak itu ibaratnya lifetime teacher and bodyguard bagi saya.Beliaulah yang menjaga dan mengajari saya banyak hal dari mulai masih di dalam kandungan sampai nanti..kalo udah nikah pun beliau akan tetap menjadi bodyguard anak-anaknya..(so swiit…terharu… Kenapa sih kalo ngomongin orang tua, bawaannya pengen nangis mulu..??) Nah kalo udah begitu, masih tegakah kita mendurhakai orang yang telah membesarkan kita? yang selalu berada di balik layar kesuksesan kita??
RAJIN MENBACA AL QUR’AN DAN MENGAMALKANNYA
Kalo di pelajaran PPKn ada P4, di Islam ada P3Q (Pengamalan, Penghayatan, Pemahaman Qur’an) hehehe..
Selama ini kebanyakan yang kita (terutama saya..T_T) lakukan hanya membaca Al Qur’an saja.. belum sampai menghayati dan memahami..apalagi mengamalkan..
It’s okay..semua buth proses. Masalahnya, butuh berapa lama proses itu berlangsung?? ==”

IKHLAS
Ini yang paling sulit..(menurutku..hehe..semuanya sulit seeh..)..
Dan jujur, sampai saat ini saya masih belum bisa untuk ikhlas sepenuh hati..kalo pasrah, seriiiing..hehehe..
Dapat nilai jelek, masih belum ikhlas…. kehilangan duit 10.000 perak..masih kepikiran…apalagi kehilangan motor…bisa kepikiran sampai kebawa mimpi kali…==”
Padahal ikhlas itu gak cuman masalah duniawi aja, masalah akhirat juga… 
Ikhlas beribadah semata-mata karena Allah SWT, tawakkal kepada-Nya, mencintai Allah dan Rasul-Nya, takut terhadap adzab Allah SWT, mengharap rahmat Allah SWT, bertaubat kepada-Nya, dan bersabar atas segala takdir-takdir Allah SWT serta mensyukuri segala kenikmatan yang diberikan kepadanya.
jujur…saya belum bisa…tapi saya akan berusaha..SEMANGAT!!! 

tambah satu lagi deeh..
TIDAK MENUNDA-NUNDA SHOLAT..
kelihatannya sepele…tapi banyak yang tidak melakukannya tanpa kita sadari… alasannya karena pekerjaan, malas, bahkan lupa..hehe…ada2 saja alasannya..

“Dan didekatkanlah surga itu kepada orang-orang yang bertakwa pada tempat yang tiada jauh (dari mereka). Inilah yang dijanjikan kepadamu, (yaitu) kepada setiap hamba yang selalu kembali (kepada Allah) lagi memelihara (semua peraturan-peraturan-Nya). (Yaitu) orang yang takut kepada Dzat Yang Maha Pemurah padahal Dia tidak kelihatan (olehnya) dan dia datang dengan hati yang bertaubat, masukilah surga itu dengan aman, itulah hari kekekalan. Mereka di dalamnya memperoleh apa yang mereka kehendaki; dan pada sisi Kami ada tambahannya.” (Qaf: 31-35)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: